5 Kontraktor Besar di Indonesia, Manakah yang terbaik?

Sejak berkembangnya industri batubara, semakin mendongkrak bisnis jasa kontraktor tambang batubara. Sebagian besar produsen batubara di Indonesia menggunakan jasa kontraktor untuk produksi batubara. Produsen memilih untuk menggunakan jasa kontraktor penambangan guna untuk meningkatkan efisiensi karena tidak perlu lagi untuk menyiapkan modal untuk membeli alat-alat berat dan penyediaan sumber daya manusia yang membutuhkan investasi yang cukup tinggi.

 

Di Indonesia terdapat perusahaan-perusahaan kontraktor batubara terkemuka yang mempunyai pengalaman dan hasil membanggakan yang diuraikan di bawah ini.

 

1. PT Pamapersada Nusantara (PAMA)

PT Pamapersada didirikan pada tahun 1993 sebagai perusahaan kontraktor tambang batubara di bawah naungan PT United Tractors Tbk yang juga memasarkan alat-alat berat. Pada website resmi pamapersada.com disebutkan bahwa PAMA memiliki lebih 10 anak perusahaan. Salah satunya adalah PT Kalimantan Prima Persada yang memiliki keunggulan dalam integrated mining services. PAMA memiliki 17 job sites yang tersebar di wilayah Kalimantan, Sumatra dan 1 job site di Sumbawa. PAMA telah bekerja sama dengan 38 perusahan ternama yang memberikan hasil yang memuaskan terhadap pelanggan. Pada tahun 2018, PT United Tracktors Tbk melalui PAMA menargetkan mampu memproduksi batubara sebanyak 119 juta ton dan menambah 700 unit alat berat untuk mendongkrak kinerja operasional yang dimuat dalam kontan.co.id pada Selasa (27/11/18).

 

2. PT Thiess Contractors Indonesia

Berdasarkan yang dimuat pada www.thiess.com, Thiess merupakan penyedia layanan pertambangan terbesar di dunia termasuk salah satunya yang berkembang pesat di Indonesia. Thiess mencakup sebagian besar komoditas dunia, salah satu yang terbesar adalah batubara. Thiess menawarkan jangkauan yang luas dengan kemampuan tambang terbuka (surface mining) maupun tambang bawah tanah (underground mining). Thiess telah banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan ternama. Salah satunya PT Thiess  Contractors Indonesia ditunjuk sebagai kontraktor tambang untuk mengerjakan proyek PT Trada Alam Mineral Tbk melalui anak usahanya PT Gunung Bara Utama (GBU).

 

3. PT Darma Henwa (DEWA)

PT Darma Henwa bergerak dalam bidang jasa kontraktor pertambangan, jasa penambangan umum, pemeliharaan perawatan peralatan.  Dengan pengalaman dan reputasi yang baik selama lebih dari 25 tahun, DEWA terus memberikan jasa pertambangan yang terbaik melalui tim manajemen yang handal yang dijelaskan pada www.pdth.co.id. Dikutip dari kontan.co.id, Rabu (16/01/19), pada tahun 2018 target produksi batubara DEWA adalah 13,5 juta ton. Dewa dapat meningkatkan produksi dua kali lipat sebesar 25 juta ton pada tahun 2019. Untuk mencapai target tersebut, DEWA mengupayakan untuk meningkatkan utilisasi alat Saat ini DEWA mengelola proyek milik PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin Indonesia, PT Cakrawala Langit Sejahtera.

 

4. PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA)

PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) merupakan anak usaha PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) mengawali usaha dari perusahaan kontraktor perkebunan kelapa sawit. Saat ini BUMA menjadi kontraktor tambang besar di Indonesia. Informasi dari  www.deltadunia.com, adapun produsen batubara terbesar di Indonesia yang bekerja sama dengan BUMA adalah PT Berau Coal, PT Adaro Indonesia, PT Kideco Jaya Agung dan perusahaan-perusahaan tambang baubara lainnya.  Dalam cnbcindonesia.com pada Senin 07 Mei 2018, BUMA baru-baru ini telah menandatangani kontrak jasa pertambangan senilai lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp 13,5 triliun dengan PT Indonesia Pratama (IPR) yang merupakan anak perusahaan PT Bayan Resources Tbk (BYAN). Kerja sama antara BUMA dan IPR meliputi pengupasan lapisan tanah penutup  dengan perkiraan sebesar 287 juta bcm dan 96 juta ton untuk batubara.

 

5. PT Madhani Talatah Nusantara

Dalam www.madhani.co.id, PT Madhani Talatah Nusantara didirikan pada tahun 2001 merupakan penyedia layanan dalam industri pertambangan di Indonesia. Madhani mengerjakan berbagai proyek baik skala kecil maupun skala besar. Madhani memberikan pelayanan dengan kualitas tinggi, kompetitif dan inovatif, dan memberikan dampak positif pada masyarakat lokal dan lingkungan sekitarnya. Madhani mampu memberikan layanan dengan standar yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan sektor sumber daya yang berkembang pesat. Kegiatan penambangan Madhani meliputi kegiatan pembersihan lahan (land clearing), pembongkaran lapisan penutup, penggalian dan pengangkutan lapisan penutup (overburden), penggalian dan pengangkutan batubara.

 

Dari kelima kontraktor ini menurut Sobat mana sih yang terbaik? dan apa alasannya yuk mari kita diskusika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *