Begini Cara Totok Menciptakan Miniatur Excavator Hidrolik

spare part excavator jakarta, spare part alat berat morowali, spare part excavator morowali, spare part excavator kendari

Pemuda asal Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Totok (32) membeberkan cara menciptakan mainan berbentuk excavator mini yang kini lagi digandrungi anak-anak di Pangkalan Bun.

Ia bersama teman sesama pembuat mainan anak-anak membuat alat dengan sistem penggerak hidrolik itu hanya bermodalkan kayu, selang udara dan bekas suntikan yang diperolehnya dari limbah medis.

“Tahap awal, sediakan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan,” katanya saat dibincangi di arena CFD Pangkalan Bun, Minggu (26/2/2017).

Selanjutnya, terang Totok, ia membuat kerangka miniatur excavator dengan bahan kayu, kemudian memasang suntikan bekas ke sejumlah sendi lengan excavator. Berikutnya memasang selang dan pipa udara yang disambungkan ke tuas.

“Dicoba dulu satu-satu fungsinya, tahapan ini paling sulit. Tidak jarang harus dibongkar pasang berkali-kali sampai semuanya beres,” bebernya.

Setelah semuanya berfungsi, selanjutnya merapikan hasil kerjanya. Mulai dari membersihkan bekas lem, pengecatan, dan terakhir membuat tabung udara yang terletak di bawah boks tuas.

Ditemui di CFD Pangkalan Bun, Totok mendemokan excavator mini bikinannya. Meskipun tampak sederhana, namun tetap berfungsi dapat bergerak seperti excavator aslinya, yang menjadikannya brilian adalah bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatannya. Cukup sederhana saja. Hanya menggunakan kayu, selang dan suntikan bekas.

Sistem hidrolik berhasil digerakkan dengan suntikan bekas dan juga silikon tabung. Dan pergerakannya pun sudah seperti mesin excavator. Transisi pergerakan melalui tuas analog ke arah vertikal ataupun horizontal terlihat begitu mulus.

“Mainan ini tidak digerakkan menggunakan aki, baterai, ataupun listrik,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *