Fungsi Alat Berat Backhoe Loader

Fungsi Alat Berat Backhoe Loader. Backhoe Loader adalah alat pemuat beroda ban yang di kombinasikan dengan backhoe. Berikut adalah penjelasannya.

Fungsi Backhoe Loader

Fungsi Alat Berat Backhoe Loader
Selain Berfungsi untuk menggali, penggunaannya hampir sama dengan wheel loader, dimana landasan kerja untuk Backhoe Loader relatif rata, kering dan kokoh. Dipergunakan terutama apabila pada pengoperasiannya dituntut mobilisasi yang tinggi agar tidak merusak landasan kerja serta tidak diperlukan traksi yang tinggi. Fungsi excavator dengan bucket yang kecil sesuai untuk pekerjaan pada pemeliharaan saluran pada jalan raya, penggalian pada pekerjaan utilitas, serta untuk menggali parit-parit saluran air atau pipa (pipe line), dan lain sebagainya.
Dengan penggantian kelengkapan tambahan (attachment), alat ini dapat juga dipakai untuk memecah batu, mencabut tanggul, membongkar aspalan. Dengan demikian memungkinkan alat ini bekerja ditempat yang relatif sempit sekalipun.
Fungsi utamanya adalah untuk memuat material ke dalam alat pengangkut dimana hampir sama dengan dozer shovel untuk mengangkut dari stock pile ke atas dump truck, mengisi hopper pada AMP, Batching plant dan Crushing Plant.

Metode Kerja Backhoe Loader

Penggunaan pada areal yang datar terdapat tiga metode dalam mengisi muatan ke dalam truck, yaitu :
  1. Metode “shape loading” yaitu truck bergerak maju saat backhoe loader mengambil material dari stock pile, dan truck bergerak mundur saat truck akan dimuati oleh loader;
  2. Metode “V-shape loading” pada metode ini truck tidak bergerak, pada saat pengisian material sampai penuh dan backhoe loader bergerak maju mundur membentuk huruf V dari arah pengambilan material keposisi truck;
  3. Metode “pass loading” metode ini digunakan apabila backhoe loader tersedia dua unit atau lebih, truck bergerak dari bloader ke loader yang lain sampai terisi penuh.

 

spare part excavator jakarta, spare part alat berat morowali, spare part excavator morowali, spare part excavator kendari, Injector E320d 3264700, 6754-11-3011 injector pc200-8 0445120231, 60100000 Volvo EC210B ECU, Injector sh210-5 8982843930, Injector SK200-8 KOBELCO 970950006353

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *