Pengoperasian Excavator yang Aman

Ekskavator diandalkan oleh berbagai industri. Kapan pun dan di mana pun tanah perlu dirusak dan bumi perlu dipindahkan, mesin yang kuat ini adalah kebutuhan. Karena mereka tidak dapat beroperasi sendiri, profesional terlatih adalah bagian mendasar dari pekerjaan excavator. Namun, dengan mesin yang hebat, risiko besar datang juga. Mari kita lihat tips keselamatan penting yang harus diikuti oleh semua operator excavator.
INSPEKSI KOMPONEN DASAR
Pemahaman sangat penting dalam hal peralatan konstruksi. Operator harus memiliki pengetahuan komprehensif tentang komponen-komponen berikut dan meluangkan waktu untuk memeriksa masing-masing komponen sebelum memulai.
  • Semua perangkat keamanan, termasuk tanduk, lampu, penjaga dan perisai, alat pemadam kebakaran, kaca, dan wiper;
  • Level engine dan cairan hidrolik;
  • Boom, stick (atau gayung) dan ember; dan
  • Semua kontrol diperlukan untuk fungsi yang tepat.
Periksa kebocoran hidrolik, baut longgar dan lasan retak. Periksa sabuk untuk ketegangan dan keausan yang tepat, selang radiator untuk retakan, dan sproket penggerak untuk gigi aus atau retak. Inspeksi yang lebih menyeluruh harus dilakukan secara lebih berkala, seperti sebulan sekali.
TANGGUNG JAWAB OPERATOR
Keselamatan melampaui inspeksi fisik. Hanya dengan berhati-hati dalam tindakan kami, excavator dapat mengurangi risiko melukai diri sendiri atau orang lain.
  • Jaga kebersihan kabin dari kotoran, minyak dan benda-benda yang dapat mengganggu pengoperasian yang aman.
  • Bersihkan kaca kabin secara teratur untuk meningkatkan visibilitas dan menghindari silau.
  • Uji setiap kontrol sebelum mulai bekerja untuk memastikan semuanya berfungsi dengan benar.
  • Lumasi pin engsel bucket sesuai kebutuhan, yang tergantung pada kondisi cuaca dan jenis material yang digali.
  • Misalnya, bahan berpasir atau tepung mungkin perlu diminyaki dua hingga tiga kali per shift.
  • Saat naik atau turun dari kabin, gunakan metode tiga titik standar: jaga agar dua kaki dan satu tangan atau dua tangan dan kaki menyentuh mesin saat Anda memindahkan tangan atau kaki yang tersisa. Selalu masuk dan keluar sambil menghadap mesin. Jangan melompat keluar.
  • Jaga agar alas kaki bersih dari lumpur atau minyak berlebih untuk mencegah tergelincir.
  • Kencangkan sabuk pengaman Anda saat berada di dalam dan mengoperasikan excavator.
Selain dasar-dasar ini, operator perlu memperhatikan faktor lingkungan mereka. Kelelahan, kelaparan, cuaca, tingkat emosi, dan kesehatan fisik semuanya dapat berdampak dan mengganggu operasi excavator yang aman.
KESADARAN
Ekskavator dapat berbobot antara 3.500 pound dan 185.000 pound mengejutkan. Dengan kedalaman penggalian maksimum yang berkisar dari 7 kaki hingga 31 kaki, kesadaran atas setiap inci dari mesin raksasa ini sangat penting.
  • Perhatikan kondisi kerja. Tempat kerja dapat menjadi pusat aktivitas, sehingga operator harus dapat memblokir gangguan seperti itu saat mengoperasikan mesin.
  • Waspadai orang lain. Akses ke lokasi kerja oleh orang yang tidak berwenang perlu dikendalikan. Barikade (seperti pita peringatan, pagar pengaman atau bahan lain yang ditandai dengan baik) harus ditempatkan untuk memberi tahu orang lain di mana zona aman dan tidak aman berada.
  • Pastikan Anda tahu di mana kabel listrik dan utilitas lain berada sebelum penggalian dimulai. Sebagian besar wilayah memiliki nomor satu panggilan yang akan menghubungi perusahaan utilitas setempat di lokasi tersebut.
Membuat kesalahan atau melewatkan langkah-langkah di atas dapat mematikan karena keadaan yang tepat.
MENARIK
Excavator dirancang untuk menggali lubang dan menggerakkan bumi. Kiat-kiat tentang tindakan itu sendiri akan memastikan tidak ada ketidakseimbangan atau gangguan yang terjadi.
  • Bahan yang digali dari parit harus ditempatkan minimal dua kaki dari tepinya, meskipun jaraknya mungkin perlu lebih besar tergantung pada jenis tanah. Pastikan kemiringan tumpukan tanah cukup rata untuk mencegah material meluncur kembali ke parit.
  • Waspadalah terhadap undercutting. Operator harus selalu menyadari di mana alat berat tersebut terkait dengan tepi galian. Sebagai perlindungan terhadap gua-in, trek excavator harus tegak lurus terhadap parit.
  • Ketahui batas beban alat berat. Kelebihan bucket dengan terlalu banyak material dapat menyebabkan excavator terbalik atau menjadi tidak stabil. Jangan pernah melebihi kapasitas yang tercantum dalam bagan muat kapan saja, dengan alasan apa pun.
Pada akhirnya, fitur keselamatan terbaik pada excavator adalah operatornya. Operator memiliki kemampuan untuk memperhatikan setiap komponen dan memastikan alat berat dalam keadaan sehat. Selama operator penuh perhatian dan berkomitmen untuk mengikuti prosedur keselamatan yang tepat, hari-hari penggalian akan bebas kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *