PINDAD PAMERKAN EXCAVATOR AMPHIBIOUS DI AJANG KONSTRUKSI INDONESIA

PT Pindad (Persero) sebagai salah satu perusahaan manufaktur persenjataan dan produk-produk industrial memamerkan produk terbaru “Excava Amphibious 200” yang  digelar dalam Pameran Konstruksi Indonesia 2018 yang berlangsung 31 Oktober – 2 November 2018 di Jakarta International Expo, Jakarta.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo usai membuka acara menyempatkan melihat langsung produk alat berat khusus area berair tersebut.
Excavator Amphibious tersebut merupakan pengembangan dari produk excavator 20 ton standard ini sebagai wujud inovasi PT Pindad (Persero) yang diperuntukan memenuhi kebutuhan pembangunan infrastruktur nasional Indonesia.
Direktur bisnis produk industrial, Heru Puryanto mengatakan Pindad saat ini juga berupaya meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) produk alat berat.
“Kami menargetkan TKDN pada excavator amphibious ini mencapai 55 persen,” Ujar Heru.
Menurutnya, salat berat yang baru diluncurkan tersebut merupakan satu-satunya produk buatan dalam negeri dengan TKDN diatas 42 persen. Hal ini merupakan sejarah baru dalam kancah alat berat dengan kandungan lokal yang tinggi karena di produksi di Indonesia sebagai wujud bakti untuk negeri.
Dibekali mesin Inter-Cooled 170 HP premium dikelasnya, varian berdimensi 14m x 5m x 4m tersebut  sudah mampu membawa berat 30 ton untuk bekerja di medan kemeringan 30-40 derajat, berbeda ekskavator pada umumnya harus diberi landasan kemiringan 15 derajat terlebih dahulu.
Excava Amphibious dilengkapi dengan undercarriage khusus untuk beroperasi lebih optimal di area yang berair seperti rawa dan sungai.
Adapun beberapa keunggulan lainnya di produk excava ini antara lain, retractable dan expandable pontoon artinya pada bagian undercarriage yang terpasang di produk ini pontoon dapat melebar dan mengecil hal itu berfungsi saat mobilitas di medan yang sempit ataupun yang luas.
Penguatan struktur inner part pontoon diberikan tambahan stiffener terutama dibagian travel dan roller depan dengan tidak mengurangi daya apung. Berikutnya, instalasi side pontoon atau pelampung mudah dalam hal pemasangan. Dalam hal mekanisme pengoperasian Spud terletak didalam kabin melalui hidraulic dan sangat praktis untuk operator

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *