Prosedur mematikan engine excavator

Mematikan engine atau mesin unit alat berat, memiliki prosedur tersendiri sesuai dengan jenis dari alat berat itu sendiri dan harus sesuai dengan SOP atau Standard Operation Procedur. Tujuan dari prosedur atau teknik untuk mematikan engine ini adalah untuk menjaga keawetan engine sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama dengan kualitas kerja yang efektif.

Jika mematikan engine secara tiba-tiba sebelum engine dingin, umur mesin tidak awet karena pada saat mesin dimatikan secara tiba-tiba maka panas yang dihasilkan tidak dapat dibuang keluar sedangkan ketika mesin mati system pendingin akan berhenti bekerja, jadi diperlukan tenggang waktu antara penghentian pemakaian dengan mematikan mesin sehingga panas yang dihasilkan oleh mesin dapat diturunkan sebelum engine dimatikan.

Pada kesempatan ini akan dibahas cara memmatikan engine pada excavator komatsu PC 200-7, sebagai berikut :

 

Pertama, letakkan lever control fuel pada posisi idling rendah selama kira-kira 5 menit agar engine menjadi dingin secara perlahan-lahan.

Kemudian Putar kunci kontak pada starting switch ke posisi OFF.

Terakhir cabut kunci dari starting switch.

Setelah mematikan engine, Lakukan Pemeriksaan pemeriksaan dan perawatan pada unit. Perawatan ini bertujuan untuk mengetahui keadaan engine sehingga dapat diparkir dengan aman sehingga keselamatan kerja terjamin.

Lakukan pemeriksaan keliling pada unit yang meliputi  engine, system hidrolik, under carriage, level oli, level air pendingin dan sistem lainnya. Jika menemukan kelainan atau ketidaknormalan pada engine dan komponen lainnya segera lakukan perbaikan agar pada penggunaan selanjutnya alat berat tersebut siap digunakan.

Demikian prosedur mematikan engine alat berat, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *