9 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi dengan Cepat Secara Alami

Cara menghilangkan karat yang timbul secara alami pada peralatan-peralatan anda di rumah, dapat diatasi dengan mudah dan aman. Peralatan dan benda berbahan stainless steel, besi atau pun sejenisnya, seringkali dijumpai timbul karat pada bagian-bagiannya. Hal ini bisa terjadi karena peralatan tersebut jarang dipakai dan hanya didiamkan saja di suatu tempat atau pun bisa saja karena sudah termakan usia. Tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan bagi anda yang suka mengkoleksi perabotan berbahan stainless steel atau sejenisnya.

Cara Menghilangkan Karat

Proses perkaratan atau dalam bahasa kimia disebut dengan korosi merupakan suatu proses yang terjadi pada logam yang telah mengalami oksidasi dan juga pada oksigen yang telah mengalami reduksi.

Karat sendiri bisa terbentuk karena terdapat uap air atau pun udara di lingkungan sekitar yang lembab, terdapat uap garam atau pun asam di udara bebas, kondisi fisik logam yang permukaannya tidak rata, bahkan akibat dari saling bersinggungan antara logam satu dengan logam yang lainnya.

Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam upaya menghilangkan karat, penjelasannya sebagai berikut :

1. Gunakan Garam, Bubuk Soda Kue Dan Air Jeruk

Jika ada bahan alami yang bisa dimanfaatkan seperti halnya garam, bubuk soda kue dan air perasan jeruk, kenapa tidak untuk dicoba? Ketiga bahan alami tersebut jika dikombinasikan menjadi satu, akan sangat membantu anda dalam upaya membantu menghilangkan karat pada benda-benda yang anda miliki di rumah, karena ketiga bahan ini sudah terbukti sangat ampuh.

Caranya pun cukup mudah untuk dilakukan, anda bisa mencampurkan setengah sendok garam, setengah sendok bubuk soda kue, dan sedikit air perasan jeruk. Kemudian anda bisa mengoleskan ke seluruh bagian benda yang berkarat. Diamkan beberapa saat agar terjadi interaksi yang nantinya akan mengakibatkan karat mulai memudar. Selanjutnya anda bisa melakukan pengelapan dengan lap kering. Hasil akhirnya karat pun akan hilang. Selain itu akan timbul bau segar yang ditimbulkan dari air perasan jeruk tadi.

2. Gunakan Cuka Putih

Penggunaan cuka putih juga bisa membantu anda untuk menghilangkan karat yang muncul di peralatan-peralatan anda di rumah khususnya yang berbahan besi.

Anda bisa melakukan penyiraman pada benda yang berkarat dengan cairan cuka putih, jika permukaan benda tersebut lebar dan besar.  Dan jika benda yang akan anda hilangkan karatnya berukuran kecil, maka anda hanya cukup menuangkan cairan cuka putih ke lap kering.

Selanjutnya anda bisa melakukan penggosokan pada seluruh bagian yang berkarat tersebut. Lakukan penggosokan tersebut berulang-ulang kali agar memaksimalkan hilangnya karat yang menempel.

3. Gunakan Air Cuka Biasa

Jika anda tidak mempunyai cuka putih, maka anda bisa memanfaatkan bahan yang ada dirumah yakni seperti cuka biasa. Memang cuka biasa tidak secepat penggunaan cuka putih dalam upaya membantu menghilangkan karat.

Namun, setidak cuka biasa juga bisa digunakan. Anda hanya perlu merendam atau pun menyiramkan cuka tersebut. Waktu reaksi yang dibutuhkan untuk memudarkan karat kurang lebih sekitar 24 jam atau seharian penuh.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, anda bisa memanfaatkan spons berbahan dasar aluminium foil untuk menggosoknya jika ada. Apabila anda tidak punya, maka bisa menggunakan spons berbahan dasar kawat ataupun kain lap kering. Lakukan penggosokan secara merata, menyeluruh dan berulang-ulang kali agar hasilnya pun memuaskan.

4. Kombinasi Kentang Dan Sabun Cuci Piring

Banyak bahan-bahan di sekitar anda yang ternyata dapat membantu dalam upaya menghilangkan karat pada barang-barang anda dirumah. Kentang selain enak untuk dimakan ternyata bisa juga anda manfaatkan untuk memudarkan karat. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, potong kentang dalam beberapa bagian dan blender atau tumbuk sampai halus agar diperoleh sari-sari yang terkandung di dalam kentang.

Selanjutnya anda bisa campurkan kentang yang telah dihaluskan tersebut dengan sabun pencuci piring. Aduk-aduk sampai merata agar bahan bisa tercampur dengan sempurna. Setelah itu, anda bisa mengoleskan pada seluruh bagian peralatan yang timbul karat. Diamkan beberapa saat agar bisa bereaksi terlebih dahulu. Proses terakhir, anda hanya cukup melakukan penggosokan dengan menggunakan spons berbahan dasar aluminium foil, spon berbahan dasar kawat dan juga kain lap kering. Jika ingin memperoleh hasil yang lebih baik, sebaiknya anda lakukan penggosokan berulang-ulang kali.

5. Gunakan Asam Oksalat

Penggunakan asam oksalat diperlukan perlakuan dan penanganan khusus karena asam oksalat merupakan bahan yang cukup membahayakan bagi tubuh jika berinteraksi secara langsung. Anda dapat menggunakan sarung tangan yang mempunyai bahan karet, mengenakan masker dan pakaian pelindung untuk menghindari cipratan dan resiko yang bisa diakibatkan.

Cara ini juga tidak beda jauh dengan cara-cara sebelumnya. Lakukan pencampuran cairan asam oksalat dengan air panas. Siramkan larutan itu pada benda yang berkarat atau pun rendam benda tersebut ke dalam cairan tersebut. Tunggu beberapa saat agar keduanya saling bereaksi. Proses selanjutnya, anda bisa melakukan penggosokan dengan menggunakan spons berbahan dasar aluminium foil, spon berbahan dasar kawat dan juga kain lap kering. Apabila anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dan sempurna, maka sebaiknya anda lakukan proses penggosokan berulang-ulang kali jika itu diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *