Mencegah Kecelakaan Kerja Akibat Alat Berat

Perawatan alat berat sangatlah penting, karena tanpa perawatan yang baik maka efisiensi alat berat akan menjadi berkurang, bahkan bisa menyebabkan alat ini menjadi mudah rusak dan akhirnya menghambat pekerjaan yang sedang dilakukan. Selain berdampak pada alat berat, perawatan ini juga berkaitan erat dengan keselamatan kerja. Karena itulah, pastikan untuk melakukan perawatan serta penggantian spare part alat berat secara berkala, agar alat berat dapat bekerja secara efektif dan tidak membahayakan keselamatan pekerja. Hal lain yang harus diperhatikan demi mencegah kecelakaan kerja akibat alat berat adalah :

  • Pastikan bahwa alat berat yang digunakan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan, dan sesuai dengan kondisi lokasi (biasanya berkaitan dengan pemilihan jenis roda atau wheels yang digunakan).
  • Pasanglah filter atau shield untuk melindungi komponen-komponen penting dari cuaca buruk dan bahaya-bahaya seperti batu dan kerikil.
  • Lakukan perawatan rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Dalam keadaan khusus, mengubah jadwal perawatan rutin dapat meningkatkan efisiensi alat berat. Misalnya, di lokasi yang sangat berdebu, penggantian filter udara bisa dilakukan lebih sering.
  • Ikutilah prosedur penggunaan sesuai dengan yang tertera pada buku panduan, terutama jika jenis alat baru yang digunakan baru pertama kali dikendalikan oleh operator tersebut (misalnya terdapat perbedaan model).
  • Lakukanlah pelumasan setiap hari, agar mesin dapat selalu bekerja dengan kapasitas maksimal. Sistem auto-lube dapat menjadi pilihan untuk beberapa mesin. Meskipun harganya sedikit  mahal pada awalnya, namun akan sebanding dengan bertambahnya masa kerja alat ini.
  • Berikan pelatihan pada operator alat berat dan pastikan bahwa operator tersebut sudah benar-benar menguasai segala hal mengenai alat berat yang akan dioperasikannya.
  • Gunakan alat berat sesuai dengan kemampuannya. Jangan memaksa alat berat untuk bekerja diluar batas kemampuannya, karena ini tidak hanya berpengaruh pada usia alat berat (menjadi mudah rusak), tetapi juga sangat berbahaya bagi operator ataupun pekerja lain di lapangan.

 

Hal-hal di atas sangat penting untuk diperhatikan, agar kondisi alat berat dapat berfungsi secara maksimal dan tidak membahayakan operator serta pekerja di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *