Pentingnya Merawat Alat Berat dan Spare Partnya

Memiliki alat berat yang terawat dengan baik merupakan hal yang wajib dilakukan bila Anda ingin menggunakannya dalam waktu yang lama. Tidak hanya alat beratnya saja, spare part alat berat Komatsu yang digunakan (bila Anda memiliki alat berat Komatsu) pun harus dijaga dan dirawat secara berkala agar awet dan memiliki umur yang panjang. Sayangnya, tidak sedikit pemilik alat berat yang tidak terlalu memperhatikan perawatan alat berat ini, yang akhirnya berakibat pada kerusakan alat berat dan kinerja yang tidak maksimal.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya menjaga dan merawat alat berat dan spare partnya untuk Anda yang masih belum terlalu peduli.

Kurangnya perawatan akan menyebabkan kerusakan

Harga alat berat memang sangat mahal dan menguras kantong pembelinya. Tidak heran bila tentunya si pembeli menginginkan mesin berat tersebut memiliki umur yang panjang dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Cara untuk memastikan hal itu terjadi tentunya adalah dengan merawatnya secara berkala. Tanpa perawatan yang baik, alat berat akan mudah rusak. Bagaimana tidak, beban serta medan kerja alat berat setiap harinya sangat berat dengan waktu kerja yang juga lama.

Sisa-sisa material serta debu yang teringgal dan mengendap pada bagianalat berat bisa menyebabkan karat dan kerusakan pada badan alat berat. Untuk mengatasinya, berikanlah minyak pelumas pada bagian dan spare part alat berat, serta bila perlu mengganti bagian dan spare part dengan yang baru secara berkala.

Perawatan yang baik menjamin keselamatan kerja

Resiko dalam pekerjaan yang melibatkan alat berat sangat tinggi. Satu dua kali Anda mungkin pernah mendengar kecelakaan kerja pada proyek pembangunan yang menyebabkan cacat atau kematian. Kerusakan yang terjadi pada alat berat saat tengah melakukan pekerjaan merupakan salah satu penyebab tingginya resiko kecelakaan kerja ini. Tentunya saat ini terjadi Anda tidak bisa menyalahkan alat berat tersebut. Kesalahan tentu terjadi karena kurangnya perawatan pada alat berat yang membuat kondisi mesin tersebut tidak maksimal.

Kondisi alat berat baik =  produktivitas tinggi

Produktivitas yang tinggi tentunya merupakan keinginan setiap pemilik alat berat atau pekerja proyek. Cara untuk mendapatkannya adalah tentu dengan menggunakan alat berat dalam kondisi yang prima. Artinya, alat berat tersebut dirawat dengan baik secara berkala.

Selain memahami cara perawatan alat berat yang tepat, salah satu cara lain untuk menjaga agar kondisi alat berat tetap prima adalah dengan memberikan pelatihan atau training kepada operator. Training sangat penting karena mengoperasikan mesin dengan benar dapat menjaga kondisi alat berat tersebut. (raw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *