Fungsi Alat Berat Rigid Dump Truck

Rigid Dump Truck adalah merupakan jenis alat berat dump truck yang berdasarkan sistem geraknya adalah kaku.
Fungsi Alat Berat Rigid Dump Truck

Fungsi Rigid Dump Truck

Fungsi alat berat jenis dump truck ini hampir sama dengan Articulated Dump truck. Hanya saja Alat ini cocok untuk digunakan mengangkut material pada jarak menengah sampai jarak jauh (500 meter atau lebih). Alat berat ini memiliki beban kerja yang besar, sehingga pemilik alat berat harus menjaga availabilitas alat setinggi – tingginya.
Alat Berat Rigid Dump Truck memiliki suatu rangka kaku yang menyatukan kabin dan dump bodinya, sehingga rigid dump truck tidak dapat bergerak secara bebas dan fleksibel ketika dioperasikan pada lapangan keras, berat muatan dapat menyebabkan rangka kaku tersebut memutar yang dapat memungkinkan dump truck tersebut berguling, keadaan seperti itu terjadi terus menerus maka dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Kelebihan Rigid Dump Truck

Adapun Kelebihan Rigid Dump Truck adalah memiliki kapasitas yang besar dan melebihi alat berat Articulated Dump truck dapat mengangkut hingga 400 ton.

Kekurangan Rigid Dump truck

Adapun kekurangan Rigid Dump truck adalah memiliki body yang besar, segingga alat berat ini harus mempunyai ruang gerak yang besar dan gerak yang tidak fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *