7 KESALAHAN YANG MEMPERPENDEK UMUR BAN DUMP TRUCK

Saat hauling, Dump Truck biasanya menempuh jarak jauh dari site ke disposal atau port site. Bahkan panjang jalan Hauling batubara di Sumatera Selatan yang dikelola oleh PT Servo Lintas Raya mencapai 113 KM.

Dalam proses hauling, kondisi ban Dump Truck sangat penting untuk memastikan muatan sampai sesuai jadwal. Namun, kesalahan sepele atau kurangnya pengetahuan dapat membuat ban cepat rusak, kemudian memperlambat hauling bahkan memaksa perusahaan mengeluarkan biaya operasional lebih tinggi. Apalagi jika harus mengganti ban Dump Truck dengan yang baru.

Oleh karena itu, Kami telah merangkum 7 kesalahan yang dapat memperpendek umur ban Dump Truck untuk Anda hindari beserta solusinya:

1. Tekanan Ban Tidak Sesuai

Under-inflation dan over-inflation sangat tidak disarankan! Beban pada Dump Truck sebenarnya diangkut oleh tekanan udara dalam ban. Tekanan udara ini juga yang mempengaruhi luas area permukaan ban yang melakukan kontak dengan permukaan jalan.

Peningkatan panas menyebabkan ban semakin rentan terhadap aus dan goresan. Bahkan, kondisi ban botak yang tidak bisa merendam panas akan meningkatkan potensi ban meledak. Daya traction ban pada permukaan jalan dan rem yang berkurang juga sangat berbahaya bagi operator dan Dump Truck.

Oleh karena itu, periksa maksimum tekanan udara ban yang dianjurkan oleh manufaktur dan pertahankan tekanan udara dalam ban sesuai dengan kapasitas muat dengan pengecekan berkala.


2. Overload

Setiap ban memiliki load index untuk menunjukkan kapasitas angkut sebuah ban. Semakin besar ukuran ban, semakin tinggi juga angka load index.

Jika Anda mengangkut muatan lebih berat dari index, ban dapat mengalami peningkatan panas yang memicu aus dan rusak lebih cepat. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari overload.


3. Sumbu As Roda (Alignment) Kurang Seimbang

Pemasangan sumbu as roda Dump Truck dan kendaraan lainnya harus benar-benar sesuai dan seimbang, yaitu zero toe dan zero camber. Ketidaksuaian pemasangan akan berakibat pada peningkatan panas dan aus pada ban karena gaya gesek antara permukaan ban dan jalan tidak rata.


4. Jenis Ban Tidak Sesuai

Setiap jenis ban memiliki kemampuan dan kekurangan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan dan muatan. Menggunakan jenis ban yang tidak sesuai akan memperpendek umur ban dan memicu kecelakaan ketika hauling.

Berikut hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih jenis ban:

a. Tread pattern mempengaruhi traction, flotation, dan ketahanan terhadap aus, robek, dan panas. Tread pattern pada ban bisa dibedakan menjadi 7 jenis, yaitu Rock Pattern Tread Design, Traction Pattern Tread Design, Block Pattern Tread Design, Rib Pattern Tread Design, Smooth Pattern Tread Design, Highway & Off-road Tread Design, dan Flotation Tread Design.

b. Tyre Construction terdiri dari jenis radial, bias, dan solid. Tyre Construction mempengaruhi tingkat rolling resistance, konsumsi bahan bakar, daya angkut muatan, dan kecepatan berkendara dari ban.

c. TKPH (Tonne Kilometres per Hour) merupakan ukuran kapasitas kerja ban sehingga dapat dijadikan patokan pemilihan ban yang tepat sesuai kebutuhan.
TKPH tinggi: daya tahan panas lebih baik, namun daya tahan aus ban ini lebih rendah.
TKPH rendah: daya tahan panas lebih lemah, namun daya tahan aus lebih baik dari TKPH tinggi.

Selalu cek ketiga poin di atas sebelum memilih menggunakan atau membeli jenis ban untuk Dump Truck Anda. Sesuaikan juga jenis ban dengan yang direkomendasikan oleh manufaktur Dump Truck.


5. Terlalu Lama Tidak Dipakai

Telapak ban yang lama tidak dipakai akan menjadi tipis karena mengalami proses oksidasi atau pelapukan. Semakin tipis telapak ban, jarak pengereman akan semakin panjang dan daya cengkraman menurun terutama di permukaan jalan basah atau tergenang. Alat berat pun berpotensi mengalami aquaplaning yang dapat memicu terjadinya kecelakaan.


6. Pengoperasian Kurang Profesional

Gaya pengoperasian Dump Truck sangat berpengaruh pada umur dari ban. Memacu kencang Dump Truck pada jalan yang kasar dapat membuat ban kehilangan cengkraman pada permukaan jalan (bouncing) dan meningkatkan tekanan pada sidewall ban. Menerjang berbagai material yang ada di jalan hauling pun berbahaya karena dapat merusak permukaan ban.

Rem tiba-tiba, cepat, dan kasar yang sering dilakukan juga akan mempercepat aus pada satu area datar (flat spot) ban. Disarankan, Anda mengganti ban yang mengalami flat spot cukup parah dengan ban yang baru untuk keamanan.

Sangat diperlukan standarisasi pengoperasian Dump Truck untuk mencegah ban cepat aus atau rusak. Berikan training dan pengetahuan yang cukup bagi operator Dump Truck Anda.


7. Maintenance Tidak Berkala

Sama seperti part Dump Truck lainnya, ban harus dicek dan diberi maintenance secara berkala. Mulai dari tekanan udara ban, tutup katup ban, sampai telapak ban.

Pastikan tekanan udara ban telah sesuai. Tidak disarankan untuk mengurangi tekanan udara ketika suhu ban panas setelah dioperasikan. Ban yang baru menempuh perjalanan lumrah menjadi lebih panas dari saat idle.

Periksa juga kedalaman telapak ban telah mencapai TWI (Tread Wear Indicator) atau belum. Jika sudah, segera ganti ban Dump Truck dengan yang baru. Ban yang sudah aus memiliki cengkraman yang lemah dan malah berbahaya jika dipakai Dump Truck untuk hauling.

 

 

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *