FAKTOR PENYEBAB SPARE PART ALAT BERAT CEPAT RUSAK

Alat berat terdiri dari beragam spare part dengan fungsi berbeda yang mendukung produktivitas alat. Life time dari spare part juga bervariasi, ada yang wajib diganti secara berkala dan ada yang baru diganti ketika spare part tersebut mengalami kerusakan.

Berikut merupakan faktor yang dapat menyebabkan spare part alat berat cepat rusak:

Cuaca

Kondisi cuaca pada lingkungan pengoperasian alat berat dapat menyebabkan atau mempercepat kerusakan pada spare part yang berasal dari bahan tertentu, contohnya:

  1. Cahaya matahari dapat membuat bahan kertas, karet, dan plastik menjadi mudah kering dan retak.
  2. Air dapat menyebabkan karat pada bagian permukaan atau dalam spare part yang mengandung besi.
  3. Debu pada lokasi yang menumpuk pada spare part berbahan besi lama-kelamaan akan menimbulkan bercak karat.
  4. Tingkat kelembaban udara yang berlebihan dalam waktu yang terlalu lama akan menyebabkan bercak karat pada spare part dengan kandungan besi.

Cairan

Sama seperti cuaca, cairan tertentu dapat menyebabkan umur beberapa spare part berbahan tertentu menjadi lebih pendek, contohnya:

  1. Minyak
    Bahan bakar alat berat, minyak rem, oli, dan minyak lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada spare part yang terdiri dari karet, plastik, atau kertas.
  2. Kimia
    Berbagai cairan kimia yang terdapat pada aki, coolant, dan lainnya dapat menyebabkan korosi pada beberapa spare part yang berbahan dasar besi, karet, plastik, dan kertas.

Guncangan

Semua hal yang berlebihan dapat berakibat buruk, sama halnya dengan guncangan berlebihan pada alat berat saat sedang beroperasi atau proses dikirim ke lokasi lain.

Alat yang mengalami guncangan berlebihan dalam waktu lama atau sering dapat mempercepat kerusakan pada shockbreaker dan part peredam guncangan lain sehingga guncangan akan berdampak langsung pada bagian alat lainnya. Akibatnya, umur spare part akan lebih pendek, terutama spare part elektrik.


Operator

Pengoperasian yang dilakukan dengan benar akan memperpanjang umur alat berat dan spare part. Sebaliknya, jika pengoperasian dilakukan tidak sesuai dengan standar atau prosedur berlaku, umur spare part dan alat pun tidak akan awet.

Sebagai contoh, arm excavator dasarnya memiliki umur yang sangat panjang. Namun, pengoperasian oleh operator yang tidak kompeten dapat menyebabkan arm cepat rusak dan harus diganti. Perusahaan pun harus mengeluarkan biaya lebih untuk kerusakan yang tidak terencana ini.

 

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *