Kenalan Yuk Dengan Alat Berat Excavator

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

 

Excavator adalah jenis alat berat yang biasanya digunakan pada konstruksi dengan fungsinya untuk menggali atau memuat tanah ke atas truk pengangkut. Harga excavator yang mahal membuat para kontraktor biasanya lebih memilih untuk menyewanya di perusahaan penyewaan alat-alat berat.

Alat berat lain yang bentuknya hampir sama dengan excavator adalah beko yang juga memiliki bucket pada bagian belakangnya. Excavator bekerja dan bergerak menggunakan sistem hidrolik, jadi alat berat yang satu ini juga bisa disebut dengan hydrolic excavator, namun lebih umum disebut dengan nama excavator saja.

Excavator memiliki ukuran yang beragam, ukuran ini juga menjadi pembeda dari harga excavator itu sendiri. Mulai dari excavator berukuran mini hingga yang terbesar dan biasnya banyak digunakan pada area pertambangan. Pekerjaan konstruksi memang dapat lebih efisien jika menggunakan excavator dibandingkan dengan mengerjakannya secara manual menggunakan tenaga manusia.  Alat berat ini dirancang sesuai dengan tujuannya yang dapat bekerja pada segala medan, namun perlu diingat kalau satu ukuran dan jenis excavator tidak berarti cocok untuk semua medan.

Bagian Utama Dan Fungsinya Pada Excavator

Sebuah excavator memiliki tiga bagian utama yaitu work equipment, upper structure, dan lower structure. Masing-masing bagian tersebut memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Misalnya saja pada upper structure yang terdiri dari kabin operator, mesin, dan yang lainnya. Sedangkan lower strusture yang berada pada bagian bawah berupa track dan rangkaian mekanik pada excavator yang berfungsi untuk bergerak di atas tanah.

Jenis Excavator Yang Harus Diketahi

Ada dua jenis excavator yaitu yang menggunakan toda atau ban yang sama dengan kendaraan pada umumnya. Excavator jenis ini bisa bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya yang berjarak cukup jauh dengan cepat. Namun kekurangan dari jenis excavator ini adalah tidak sestabil excavator jenis crawler track. Excavator wheel type ini lebih cocok digunakan pada area perumahan atau perkotaan karena pergerakkannya yang tidak merusak jalan seperti aspa atau pavement.

Sedangkan crawler track adalah jenis excavator yang bisa digunakan pada area berlumpur, permukaan tanah yang tidak rata, atau area perbukitan yang terjal dan curam. Jenis ini sangat populer digunakan pada berbagai lapangan konstruksi. Pijakan kaki pada excavator jenis ini benar-benar mencengkeram tanah karena banyaknya luasan craler yang bersentuhan dengan tanah.

Excavator jenis ini pun tidak akan tenggelam atau terperosok meskipun harus berjalan di atas tanah yang lembek atau basah. Lempengan baja pembentuk crawler berputar dan memijak tanah yang sangat memungkinkannya untuk berjalan di atas bukit yang terjal dan curam sekalipun. Kaki jenis crawler ini pun juga banyak digunakan pada alat persenjataan tentara di dunia agar bisa diterjunkan pada segala bentuk meda. Contoh alat persenjataan semacam ini adalah kendaraan tank.

Di balik kelebihannya tersebut, jenis crawel excavator juga memiliki kekurangan dibandingkan dnegan wheel type. Jenis excavator ini tidak bisa berjalanan di jalanan umum layaknya kendaraan lain. Ketika berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang jaraknya lebih jauh pun, jenis ini harus diangkut menggunakan trailer, karena hanya dapat berjalan maksimal 20 mill per jam.

Itulah beberapa fungsi dan jenis excavator yang harus diketahui, jangan sampai sudah pernah melihat alat berat yang satu ini namun tidak tahu jenis maupun fungsinya.

 

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *