Inilah Fungsi Excavator Tambang di Lapangan

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

 

Seluruh kegiatan operasional yang dikerjakan di pertambangan pasti membutuhkan bantuan alat berat. Tentu saja, sebab aktivitas yang dilakukan di lapangan identik dengan pekerjaan dengan intensitas yang tinggi. Penggunaan alat berat akan membantu para pekerja untuk meningkatkan efektifitas hasil produksi.

Bukan hanya itu, penggunaan alat berat juga ternyata mampu menekan angka kecelakaan kerja. Sebab setiap pekerjaan dengan intensitas tinggi akan dibackup atau dibantu dengan penggunaan alat yang mumpuni. Salah satu alat berat yang memiliki peran besar di pertambangan adalah excavator tambang.

Mengenal Beberapa Fungsi Excavator Tambang

Excavator merupakan salah satu jenis alat berat yang pasti ada di pertambangan. Bentuknya menyerupai mobil dengan bagian depan memiliki lengan layaknya sebuah pengeruk. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai fungsi-fungsi excavator dalam aktifitas pertambangan.

Sebagai alat pengeruk

Salah satu aktivitas yang dilakoni pada daerah pertambangan adalah pengerukan lokasi-lokasi potensial. Namun hal ini tak akan mungkin dilakukan dengan efektif, jika hanya menggunakan tenaga manual. Selain itu, juga akan sulit diselesaikan jika berpegang pada alat keruk atau cangkul yang konvensional.

Karena itulah kemudian digunakan excavator tambang. Bentuk depan excavator ini tampak seperti lengan, dengan bagian runcing layaknya garpu di bagian ujungnya. Titik inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk mengeruk permukaan tanah yang keras.

Selain itu, excavator juga bisa diandalkan untuk proses pengerjaan yang lebih cepat. Karena penampang lengan excavator lebar, pengerukan permukaan tanah bisa dilakukan dengan lebih gesit.
Sebagai alat angkut material

Fungsi kedua dari excavator adalah sebagai alat angkut material hasil penambangan. Sisi lengan excavator dilengkapi dengan bagian keranjang, yang memuat dalam kapasitas besar. Karena itu excavator biasanya digunakan sebagai alat untuk mengangkut hasil produksi tambang, juga sebagai pemindah material dari titik satu ke lainnya.
Alasan lain mengapa excavator difungsikan sebagai alat angkut adalah karena bagian rodanya berbentuk rantai, bukan menggunakan ban biasa. Hal ini membuat proses pengangkutan material menjadi sangat aman. Rantai rodanya mampu menjaga keseimbangan beban di bagian lengan, serta tak perlu khawatir untuk digunakan di medan berat dan tak rata sekali pun.

Alat penghancur

Selain berfungsi sebagai pengeruk, lengan excavator tambang juga bisa diandalkan sebagai alat penghancur. Karena bagian lengannya memiliki bobot yang berat, tenakan dari excavator bisa menghasilkan efek yang besar pada permukaan tanah, tebing, maupun bangunan.

Bobot yang mumpuni ini dilengkapi juga dengan akses lengan yang bebas ke segala arah. Sehingga memudahkan para pekerja untuk membidik lokasi mana yang sekiranya cocok untuk dihancurkan.  Selain itu, excavator juga memiliki bodi yang bisa memutar hingga 360 derajat. Tentu saja hal ini memudahkan pekerjaan tambang, tanpa harus kerepotan memindah arah lengan dari sudut satu, ke sudut yang lainnya.

Alat pemerataan permukaan tanah

Fungsi lainnya dari excavator adalah sebagai mesin pemerataan permukaan tanah. Di setiap tambang pastinya terdapat banyak bekas lubang galian. Jika diratakan dengan teknik konvensional, pasitnya tidak akan bisa selesai dengan maksimal. Prosesnya akan menyita waktu dan tenaga.

Berbeda jika dikerjakan dengan bantuan alat berat. Bagian lengan excavator yang berbentuk rata akan memudahkan untuk meratakan permukaan tanah.

Itulah beberapa fungsi utama dari excavator tambang. Sampai sekarang excavator masih menjadi alat berat yang harus ada dalam tiap proses penambangan. Mengapa? Sebab seperti yang dijelaskan di atas, satu alat excavator saja sudah bisa menyelesaikan pekerjaan yang beragam, mulai dari pengerukan tanah, pemindahan material, penghancuran lokasi, hingga perataan tanah.

 

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *