KESALAHAN PEMELIHARAN SISTEM HIDROLIK ALAT BERAT YANG BISA BERAKIBAT FATAL

Mayoritas alat berat saat ini menggunakan sistem hidrolik karena memiliki berbagai keunggulan dibanding sistem lainnya. Sistem hidrolik mampu menghasikan tenaga lebih besar dengan komponen minimum, kontrol arah dan gerakan alat lebih mudah, getaran gerakan minimum, presisi gerakan tinggi, fleksibilitas, dan tahan lama.

Sama seperti komponen alat berat lain, pemeliharaan (maintenance) yang buruk atau lalai dapat menyebabkan sistem hidrolik tidak beroperasi dengan baik dan mengakibatkan kebocoran bahkan kerusakan pada mesin secara keseluruhan (downtime). Kadang, masalah pada sistem hidrolik disebabkan oleh kesalahan kecil yang bahkan tidak disadari.

Oleh karena itu, Kami telah merangkum 5 kesalahan maintenance sistem hidrolik yang mungkin Anda lakukan tanpa sadar namun berakibat fatal, disertai dengan solusinya:

1. Pengaturan Tekanan Hidrolik

Kenop pada pompa dan katup hidrolik menjadi bagian yang dicek dan diatur ulang ketika mesin bermasalah. Biasanya, tekanan diatur ke tingkat tertinggi dengan anggapan dapat mempercepat operasi mesin. Anggapan ini jelas-jelas SALAH!

Pengaturan tekanan yang tidak sesuai dapat mengakibatkan shock bahkan kerusakan pada sistem hidrolik. Hal ini terjadi karena tekanan yang terlalu tinggi akan mendorong banyak komponen internal pompa, memperparah dan mempercepat keausan pada komponen. Oleh karena itu, patuhi tingkat tekanan sistem hidrolik yang direkomendasikan.


2. Pressure Gauge Sistem Hidrolik

Pressure gauge atau alat ukur tekanan seringkali diletakkan di samping pompa dari katup pengecekan (check valve), bukan di dekat akumulator. Ketika pompa dimatikan, pressure gauge akan menunjukkan angka 0 bersamaan dengan pengaliran oli ke tangki melalui pompa hidrolik internal.

Hal ini menyebabkan operator/mekanik salah sangka bahwa tekanan berada di angka 0, padahal cairan bertekanan dalam akumulator sedang dilepaskan. Oleh karena itu, sebaiknya pressure gauge dipasang di samping akumulator.


3. Skema Hidrolik untuk Troubleshoot Mesin

Troubleshoot (pemecahan masalah) pada mesin dapat dilakukan lebih cepat dan mudah jika menguasai skema (bagan) sistem hidrolik. Namun pada beberapa kasus, tidak semua mekanik/operator bahkan supervisor menguasai skema hidrolik dengan baik. Skema ini sebenarnya tercantum dalam buku manual dari manufaktur mesin, tetapi akan sangat memakan waktu untuk mencari buku manual dan menemukan halaman penjelasan tentang skema ini. Padahal semakin lama downtime mesin, semakin besar juga kerugian operasional perusahaan.


4. Reservoir dan Suction Strainer

Reservoir biasanya berada pada nomor sekian yang diperhatikan dibanding sistem filter. Padahal, reservoir harus dibersihkan secara berkala paling sedikit 1x dalam setahun untuk mencegah timbulnya endapan kotoran tebal di dasar tank oli. Reservoir yang kotor akan mengubah fungsinya sebagai penghilang panas oli menjadi inkubator panas.

Suction strainer (saringan hisap) yang terdapat pada kebanyakan reservoir juga harus dibersihkan dengan teknik blowing air dari dalam ke luar. Setidaknya, bersihkan 1x setahun agar strainer tidak tersumbat dan menyebabkan kavitasi pompa.


5. Komponen Pengganti

Mengganti komponen sudah menjadi hal biasa dilakukan secara berkala atau ketika mesin bermasalah. Perlu diperhatikan bahwa komponen atau spare part yang serupa belum tentu benar-benar sama. Selalu perhatikan kode dari setiap komponen karena bisa saja terlihat serupa. tetapi tidak berfungsi di sistem hidrolik alat berat tertentu.

Untuk mengecek ketersediaan komponen, Anda dapat memanfaatkan mobile app yang terhubung dengan sistem antara lapangan operasional, kantor pusat, workshop, dan gudang. Anda juga dapat langsung melakukan request spare part dengan praktis melalui perangkat mobile, tanpa perlu melewati proses dokumen kertas yang rumit dan memakan waktu lama.

 

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *