Komponen Excavator

on
Categories: 326-4700 injector, 3264700 injector, 60100000 Volvo EC210B ECU, 6754-11-3011 injector pc200-8 0445120231, Artikel, Injector Caterpillar, Injector E320d 3264700, Injector sh210-5 8982843930, Injector SK200-8 KOBELCO 970950006353, spare part alat berat morowali, spare part excavator jakarta, spare part excavator kendari, spare part excavator morowali
spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta
Untuk menunjang berbagai fungsi tersebut, maka excavator terdiri dari beberapa komponen. Setiap komponen ini memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai komponen excavator.

1. Bucket

Bucket merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi untuk sebagai alat keruk atau alat penggali. Bentuk bucket seperti keranjang yang memiliki jari-jari seperti garpu untuk mempermudah proses akskavasi atau penggalian. Namun agar excavator dapat memiliki berbagai fungsi lain, maka bucket pada excavator terdapat beberapa jenis. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan jenis bucket excavator.

  • Large bucket merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk operasi pekerjaan ringan.
  • Narrow bucket merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk operasi pekerjaan berat.
  • Side cutters merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk pemotongan permukaan tanah.
  • Clamshell bucket merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk penggalian dengan arah tegak lurus.
  • Ejector bucket merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk penggalian tanah lunak.
  • Ripper bucket merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk penggalian tanah keras atau berbatu.
  • Slope finishing bucket merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk pembuatan atau finishing slop.
  • Trapezzoid bucket merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk pembuatan irigasi atau drainase.
  • Single shank ripper merupakan salah satu jenis bucket yang berfungsi untuk penggalian atau menghancurkan batu.

2. Bucket Cylinder

Bucket cylinder merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai power cylinder pada sistem hidrolik excavator yang berguna untuk mengontrol gerakan bucket. Dengan adanya bucket cylinder maka bucket dapat berayun sesuai dengan kontrol yang dilakukan oleh operator.

3. Arm

Arm merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai gagang atau lengan dari bucket. Dengan adanya arm maka bucket dapat menjangkau area kerja yang luas sehingga meningkatkan efisiensi kerja. Selain itu pada arm sebagai tempat peletakan komponen lain seperti bucket cylinder, dan lain sebagainya.

4. Arm Cylinder

Arm cylinder merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai power cylinder yang berguna untuk mengontrol gerakan arm excavator sesuai dengan keinginan operator. Arm cylinder merupakan salah satu actuator pada sistem hidrolik excavator. Sama seperti lengan manusia, dengan adanya arm cylinder maka arm excavator dapat berayun membentuk sudut tertentu sesuai dengan kebutuhan.

5. Boom

Boom merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai gagang yang menghubungkan arm dengan excavator. Boom terbuat dari baja yang berukuran lebih besar sehingga mampu menahan beban dari arm,bucket serta beban yang dibawa oleh bucket. Selain itu boom juga berfungsi untuk menambah jarak jangkauan kerja bucket.

6. Boom Cylinder

Boom cylinder merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai power cylinder untuk menggerakkan boom cylinder naik dan turun untuk menambah jarak jangkauan bucket. Boom cylinder di kontrol oleh operator sesuai dengan kebutuhan. Untuk menambah kekuatan atau daya power cylinder, sebuah excavator dilengkapi dengan dua buah boom cylinder.

7. Track

Track merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi untuk mempermudah mobilisasi dari excavator. Track merupakan pengganti ban atau roda yang terbuat dari baja yang umumnya digunakan untuk kendaraan perang. Hal ini berguna agar excavator dapat berjalan pada kondisi jalur yang curam atau extrim. Track terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi dan peranan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan komponen track excavator.

  • Track frame merupakan salah satu komponen track yang berupa batang besi yang memiliki fungsi sebagai rangka roda.
  • Final drive merupakan salah satu komponen track yang berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin untuk menggerakkan rantai track excavator.
  • Roller merupakan salah satu komponen track yang berfungsi untuk tumpuan dari rantai track excavator. Roller berupa roda gigi statis.
  • Front idler merupakan salah satu komponen track yang berfungsi untuk mengubah arah putaran track. Hal ini yang menyebabkan excavator dapat berjalan maju maupun mundur.
  • Track shoes merupakan salah satu komponen track yang berfungsi sebagai tumpuan track yang berhubungan dengan permukaan jalan.

8. Swing Drive

Swing Drive merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai sendi yang menghubungkan antara upperstructur dengan undercarriage. Swing drive terdiri dari motor yang dapat membuat cab atau body excavator berputar 360 derajat. Hal ini berguna untuk mempermudah proses akskavasi.

9. Cabin

Cab atau kabin merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai ruang atau tempat duduk operator. Cabin terdiri dari berbagai kontrol baik kontrol kemudi maupun kontrol hidrolik agar excavator dapat bekerja sebagaimana mestinya.

10. Engine/Hydraulic Control

Engine atau hydraulic control merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai tempat mesin dan hydraulic pump excavator. Engine sebagai penggerak track agar excavator dapat bergerak. Sementara itu hydraulic pump akan mensuplai tekanan hidrolik untuk menggerakkan power cylinder.

11. Counterweight

Counterweight merupakan salah satu komponen excavator yang berfungsi sebagai penyeimbang berat dari excavator sehingga tidak akan terguling ketika bucket membawa beban yang besar.

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta