Mengenal Fungsi Excavator

on
Categories: 326-4700 injector, 3264700 injector, 60100000 Volvo EC210B ECU, 6754-11-3011 injector pc200-8 0445120231, Artikel, Injector Caterpillar, Injector E320d 3264700, Injector sh210-5 8982843930, Injector SK200-8 KOBELCO 970950006353, spare part alat berat morowali, spare part excavator jakarta, spare part excavator kendari, spare part excavator morowali
spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta

 

Excavator adalah salah satu jenis alat berat yang memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting untuk pekerjaan konstruksi. Fungsi excavator adalah untuk penggalian atau akskavasi. Excavator dapat melakukan proses pengerukan secara efisien sehingga banyak digunakan pada bidang pertambangan, perkebunan, atau konstruksi galian.

Fungsi Excavator

Fungsi excavator adalah untuk proses akskavasi atau penggalian. Namun selain itu terdapat berbagai fungsi lain dari excavator. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai fungsi excavator.

1. Untuk proses penggalian tanah (digging)

Fungsi excavator yang pertama yaitu untuk proses penggalian tanah atau digging. Pekerjaan ini banyak ditemukan pada pertambangan dan perkebunan. Backet pada excavator akan mengeruk sebagian tanah sehingga meninggalkan bekas seperti parit, dan kebutuhan lain sebagainya.

2. Untuk memuat material (loading)

Fungsi excavator yang kedua yaitu untuk memuat material atau loading. Material atau gundukan tanah terkadang perlu dilakukan pemindahan untuk mempermudah pekerjaan. Hal ini dapat dilakukan oleh excavator. Bucket akan mengeruk material kemudian memuat ketempat yang telah ditentukan seperti dump truck, dan lain sebagainya. Kelebihan excavator untuk proses loading yaitu mempunyai arm yang panjang sehingga dapat memuat material dari satu tempat ke tempat yang lebih tinggi atau sebaliknya.

3. Untuk proses pembuatan kemiringan (sloping)

Fungsi excavator yang ketiga yaitu untuk proses pembuatan kemiringan atau sloping. Pekerjaan ini banyak dilakukan pada area pertambangan agar material tidak mudah longsor. Selain itu proses pembuatan kemiringan banyak dilakukan pada proses reklamasi sungai.

4. Untuk proses pemecahan atau penghancuran material seperti batu, bangunan, dan lain sebagainya.

Fungsi excavator yang keempat adalah untuk proses pemecahan atau penghancuran material seperti batu, bangunan, dan lain sebagainya. Bucket pada bagian ujung excavator dapat diganti dengan berbagai alat tambahan (attachment) agar alat ini memiliki fungsi lebih. Semisal untuk memecah batu dapat menggunakan ripper, untuk pengankutan material dapat menggunakan large bucket, dan lain sebagainya.

5. Untuk proses meratakan permukaan

Fungsi excavator yang kelima adalah untuk proses meratakan permukaan. Excavator dapat digunakan untuk meratakan permukaan tanah meskipun hasilnya masih harus dicover menggunakan alat lain untuk menghasilkan permukaan yang benar-benar rata.

7. Untuk pemindahan material

Fungsi excavator yang keenam adalah untuk proses pemindahan material. Material perlu dipindahkan agar dapat mempermudah proses pekerjaan. Untuk memindahkan dapat menggunakan excavator. Bucket akan mengambil sebagian material kemudian dapat dipindahkan ke sisi lain sesuai dengan kebutuhan.
Selain berbagai pekerjaan tersebut sebenarnya masih banyak fungsi excavator lainnya baik dalam pekerjaan konstruksi, pertambangan, perkebunan, dan lain sebagainya.
spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta