TIPS INSPEKSI UNTUK MENUNJANG KESEHATAN ALAT BERAT

Salah satu cara yang dianjurkan untuk memperpanjang umur alat berat adalah dengan melakukan perawatan preventive (preventive maintenance). Perawatan ini, sesuai namanya, merupakan perawatan untuk mencegah atau mengecilkan kemungkinan terjadinya masalah sampai kerusakan pada mesin. Kami sangat merekomendasikan Anda melakukan preventive maintenance, dimulai dari inspeksi berkala (regular inspection).

Regular inspection ditujukan untuk mengetahui keadaan mesin sebelum dan sesudah operasi. Namun, apa sajakah bagian penting yang harus dicek saat melakukan inspeksi?

Berikut jawabannya:

  1. Oli
    Mengganti oli secara teratur dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menghindari masalah pembakaran pada mesin. Setidaknya, gantilah oli tiga bulan sekali.
  2. Ban
    Selalu periksa tekanan ban alat untuk memastikan ban dalam kondisi optimal atau tidak kempes dan sesuai dengan kondisi lapangan. Kondisi ban yang tidak sesuai dapat memperlambat laju alat dan boros bahan bakar.
  3. Cairan
    Cek level cairan yang ada pada alat, seperti bahan bakar, hidraulik, dan cairan antibeku. Pertahankan semua carian berada pada level yang pas untuk memastikan suhu alat tidak terlalu panas atau dingin/beku. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada reservoir dan bagian bawah mesin.
  4. Pelumas
    Komponen bergerak pada alat membutuhkan pelumas agar dapat bergerak lebih luwes dan mencegah gesekan yang berpotensi menimbulkan bahaya pada mesin.
  5. Rem
    Ingat mengecek kondisi rem pada alat berat. Selain menjaga kondisi dan produktivitas alat, aktivitas ini juga dapat meningkatkan tingkat keselamatan diri dan orang sekitar yang bekerja di dekat alat.

 

spare part excavator jakarta, sparepart excavator jakarta, spare part alat berat jakarta, sparepart alat berat jakarta, jual spare part alat berat jakarta, jual sparepart alat berat jakarta, sparepart caterpillar jakarta, sparepart kobelco jakarta, sparepart hitachi jakarta, sparepart komatsu jakarta, sparepart sumitomo jakarta, sparepart volvo jakarta, spare part excavator jakarta, spare part alat berat morowali, spare part excavator morowali, spare part excavator kendari, Injector E320d 3264700, 6754-11-3011 injector pc200-8 0445120231, 60100000 Volvo EC210B ECU, Injector sh210-5 8982843930, Injector SK200-8 KOBELCO 970950006353

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *